Mother : Baeksang Awards 2018. Baksu!

Tahun lalu sempat ada teman yang merekomendasikan drama ini, namun karena judulnya "Mother" saya mengira drama ini adalah melodrama yang sedih mewek semacam Reply 1988. Tahun ini, karena keinginan menonton yang berkualitas dan memiliki moral values, akhirnya memutuskan maraton menyelesaikan drama yang memenangkan Baeksang Awards: Best Drama.  Hot Stove League (2020) okay! Signal (2016) Okay! Mother (2018) Keren! Drama ini unexpectedly suit my taste karena meskipun tetep melo tapi drama ini dibungkus dengan alur thriller. Cerita utamanya tentang penculikan dan kekerasan. 


Drama ini menceritakan empat sosok ibu dengan latar belakang yang berbeda. Yang satu menjadi ibu karena menculik anak (Kang Soo Jin), yang satu menjadi ibu karena mengangkat tiga orang anak (Cha Young Shin) dan terakhir menjadi ibu karena hamil diluar nikah (Shin Ja Young). Ada satu lagi yaitu ibu kandung Kang Soo Jin yang cukup merasa bahagia melihat anak dari jauh (ini tipikal drama sih). 

Cerita ini berkembang di titik Kang Soo Jin menculik Kim Hyena, salah satu murid di sekolahnya yang dicurigai mendapatkan kekerasan dari orang tuanya. Kim Hyena merubah namanya menjadi Kim Yoon Bok dan memanipulasi orang-orang bahwa dia hilang karena jatuh ke laut. Dari situ konflik antar keempat ibu dimulai. Kang Soo Jin versus ibu angkatnya, Kang Soo Jin versus ibu kandungnya, Kang Soo Jin versus Shin Ja Young (ibu kandung Hyena) dan Kang Soo Jin versus dirinya sendiri.  

Moral values yang ingin diceritakan oleh drama ini adalah bahwa setiap ibu memiliki nature sayang kepada anaknya baik ibu kandung maupun ibu angkat. Sejahat jahatnya dan se-egoisnya Shin Ja Young terhadap Hyena, dia tetap merasa kehilangan saat ditinggal Hyena. Moral values dalam drama ini secara eksplisit banyak diceritakan via statement Cha Young Shin seperti, "Anak bukan milik orang tua", "Menjadi ibu berarti mencintai anaknya melebihi cinta kepada diri sendiri". Selain itu drama ini menceritakan pengorbanan yang dilakukan oleh setiap karakter ibu untuk anaknya. 

Konflik batin yang dialami tokoh utama diceritakan dengan baik dan komprehensif. Proses dimana Kang Soo Jin mulai berempati dan memutuskan untuk menyelamatkan Hyena dijelaskan dengan jelas. Keputusan untuk menyelamatkan Hyena membuat Kang Soo Jin menelusuri kembali masa lalunya, bertemu dengan tokoh-tokoh masa lalu dan berdamai dengannya. Setelah berdamai dengan masa lalu, Kang Soo Jin masih harus berkutat dengan konflik batin terkait ending hubungannya dengan Hyena. Saat berkonflik, Kang Soo Jin banyak dibantu oleh Dr. Jin Hong. 

Soal aktor, I was so amazed with Kim Hyena yang diperankan oleh Heo Yeol. Heo Yeol memerankan Hyena tanpa cacat. Cara bicara yang digunakan dia dalam drama menggambarkan Hyena sebagai sosok anak yang lebih dewasa dibanding teman sebayanya, bahkan dibanding dengan ibunya. 




0 comments:

Post a Comment